Senin, 06 Agustus 2012

laporan study tour 2012 - joga kembali dan museum dirgantara

LEMBAR PENGESAHAN


Laporan Study Wisata ini telah di sahkan oleh pembimbing pada :

Hari         :
Tanggal     :



Kepala MTsN 1 KEBUMEN                                       PEMBIMBING



Dr.H KHOERONI HADI                             TAUFIQQUROHMAN
NIP.                                                         NIP.








MOTTO
§  Perubahan akan mendatangkan kematangan.
§  Ilmu tanpa budi adalah kerpuhan jiwa.
§  Pusat pengendalian diri adalah sikap.
§  Carilah ilmu sampai negeri cina.
§  Meskipun lambat asal benar.
§  Kesukses berasal dari kemauan yang kuat.
§  Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-mana.














KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum wr.wb.

Denganmengucap puji dan syukur alhamdulillah kehadirat allah swt yang telah banyak memberikan rahmat dan karunia-nya, sehingga kami dapat menyelesaikan kary tulis ini.
Tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada pembimbing dan semua pihak yang telah banyak memberikan petunjuk,bantuann ,dan dukungan sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini.semoga kebaikan & bantuan yang telah diberikan oleh semua yang telah dari depan maupun dari belakang mendpat balasan yng setimpal dari Allah swt.
Kami menyadari bahwa tersusunnya karya tulis ini bukan semata-mata karya kami sendiri, tetapi kerja sama antara rekan-rekan oleh karena itu kami meminta maaf kalo ada tutur kata yang kurang berkenan di hati bapak/ibu guru.
Akhir kata kami berharap semoga karya tulis ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi kami & pembaca.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

                                                      Kebumen, 1 Maret 2012

                                                              penyusun






DAFTAR ISI
v  HALAMAN JUDUL.........................................       1
v  LEMBAR PENGESAHAN.............................................. 2
v  MOTTO..................................................... 3
v  KATA PENGANTAR........................................ 4
v  DAFTAR ISI.......................,.................................. 5
Ø  BAB 1 PENDAHULUAN.
a.  Latar Belakang Penulisan laporan.
b.  Tujuan Penulisan laporan.
c.   Kegunanaan Penulisan laporan.
Ø  BAB II ISI.
A.  MONUMEN JOGJA KEMBALI (MONJALI).
a.  Sejarah MONJALI.
b.  Tujuan dan manfaat didirikannya MONJALI.
c.   Isi/koleksi
B.  MUSEUM DIRGANTARA.
a.  Sejarah MUSEUM DIRGNTARA.
b.  Tujuan dan manfaat didirikannya MUSEUM DIRGANTARA.
c.    Isi/Koleksi
Ø  BAB III PENUTUP.
Ø  DAFTAR PUSTAKA.

PENDAHuLUAN

Ø LATAR BELAKANG
Karena hampir semua tempat wisata mempunyai tujuan maka MTs N KEBUMEN 1 mengadakan Study Wisata ke jogjakarta, dan siswa-siswi MTs N KEBUMEN 1 diwajibkan untuk membuat karya tulis sebagai salah satu syarat untuk naik ke kelas IX. Selain sebagai syarat kenaikan kelas, kami juga ingin membagi ilmu pada teman-teman, adik kelas, kakak kelas dan semua orang yang ada di sekitar dengan membuat sebuah karya tulis.
Ø TUJUAN
ü  MENAMBAH PENGALAMAN,
ü  MENCARI INFO TENTANG TEMPAT YANG DI KUNJUNGI.
ü  MENAMBAH PENGETAHUAN.
Ø KEGUNAAN PENULISAN KARYA TULIS
Karya tulis yang kami buat ini bisa menjadi contoh dalam pembuatan laporan.juga dapat dijadikan seagai buku bacaan untuk mencari informasi dan untuk mengisi perpustakaan.








ISI

MONUMEN JOGJA KEMBALI
a. SEJARAH MONUMEN JOGJA KEMBALI
MONUMEN JOGJA KEMBALI di bangun pada tahun 1985. dengan upacara tradisional penanaman kepal kerbau dan peletakan batu pertama oleh sri sultan hamangkubowono IX dan sri praduka paku alam VIII.
Semula gagasan untuk mendirikan monumen yang bersekala  nasional ini di lontarka oleh bapak kolonel soegiarto selaku wali kota madya yogyakarta. pada tanggal 29 juni 1983 pemerintah daerah tingkat ll yogyakarta memperingati yogya kembali.
Dipilihnya “jogja kembali”dengertian luas. Pada tanggal 29 juni 1949 Pemerintah Republik Indonesia di tari mundur oleh pasukan belanda. Hal ini dapat di pandangg sebagai titik awal bangsa indonesia secara nyatadari cengkraman penjajah khususnya belanda dan merupakan tonggak sejarah yang menentukan bagi kelangsungan hidup negara.
Dilihat dari bentuknya MONUMEN JOGJA KEMBALI dibangun diatas lahan seluas 49.920 m persegi, berbentuk menyerupai gunung, ketinggiannya kurang lebih 32 M adalah sebuah gambaran “gunung kecil”. Gunung kecil di tempatkan di sebuah lereng Gunung Merapi , gunung merapi ini sangat penting bagi kelangsungan hidup warga yogyakarta dikarenakan muntahan lava gunung merapi yang meletus 26 DESEMBER tahun lalu itu dapat menyuburkan tanah warga yang dekat dengan gunung merapi itu. Sementara itu konturnya di langit selalu menghiasi cakrawala yogyakarka dimanapun seseorang berad. Dari gunung merapi pula sungai winongo dan code yang mengalir melalui kota yogyakarta.
Secara simbolik bersama laut selatan & gunung merapi merupakan suatu kepercayaan yang sangat tua dan berlaku sepanjang masa, bahkan orang menyebut MONJALI sebagai tumpeng raksasa yang berwana putih mengkilat. Dalam tradisi jawa tumpeng seolah olah sebagai bentuk gunung yang dapat di hubungkan gunung dalamm wayang kulit yang melambangkan kebahagiaan dan sebagai penutup setiap episode perjuangan bangsa. Monumen jogja kembali terletak di jln Lingkar Utara dusun Jongkang Desa Sari harjo kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman yogykarta.

b.TUJUAN
     a. Mengabdikan peristiwa kembalinya yogyakarta.
     b. Memotivasi generasi muda agar mencintai sejarah.
c.  Melestarikan semangat para pejuang INDONESIA kepda generasi
muda.
d. Untuk diwariskan kepada anak cucu kita agar mencintai tanah air.
e. Memperingati peristiwa kembalinya ibu kota yogyakarta ke tangan bangsa indonesia.
      
c. ISI /KOLEKISI MONJALI
Ø RUANG MUSEUM 1
Merupakan ruang pamer tetap dengan thema "SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN” di ruang museum 1 disajikan benda-benda koleksi yang mendukung perjuangan bangsa indonesia dari peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan hingga penumpasan  PKI di MADIUN tahun 1948. Panil Tegal 1, disajikan dokumen foto-foto peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan bangsa indonesia 17 agustus 1945 di Pegangsaan Timur 56 Jakarta.
Ø RUANG MUSEUM II
Merupakan ruang pamer tetap dengan thema “PERANG GERILYA DENGAN SISTEM PERTAHANAN RAKYAT SEMESTA”. Di ruangan ini disajikan benda-benda koleksi yang mendukung visualisasi perjuangan bangsa indonesia dalam membela, menegakan dan mempertahankan kemerdekaan pada waktu agresi militer Belanda kedua tanggal 19 Desember 1948 hingga pelantikan presiden RI. Panil tegak 1 disajikan 2 bingakai dokumen foto suasana perundingan antara komisi Tiga Negra dengan Indonesia di hotel kaliurang pada tanggal 13 januari 1948. Hadir antara lain :
a.  Sri Sultan Hamangkubowono IX.
b.  Sultan Hamid II,
c.   R.A.A. Tjakraningrat
d.  Frank graham (USA)
Ø RUANG MUSEUM III
Merupakan ruang pamer tetap dengan thema “SEPUTAR PELAKSANA SERANGAN UMUM 1 MARET 1949”, hal ini merupakan puncak dari perang gerilya rakyat semesta dalam menghadapi agresi militer Belanda. Adapun wujud dari materi pameran yang di sajikan berupa foto-foto para tokoh pelaku serangan 1 Maret 1949. Benda-benda bersejarah,replika-replika, maupun evokatif yang merupakan bukti sejarah perjungan masyarakat Yogyakarta khususnya dan bangsa indonesia umumnya semasa revolusi fisik.
Ø RUANG MUSEUM IV
Merupakan ruang pamer dengan thema “YOGYAKARTA SEBAGAI IBU KOTA NEGARA INDONESIA”. Peristiwa besar yang terjadi pada masa revolusi fisik berupa perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Yogyakarta. Memiliki beberapa sebab dan akibat bagi kelangsungan pemerintah Negara Republik Indonesia.
Yogyakarta sebagai ibu kota republik INDONESIA otomatis memainkan peran sentral sekaligus sebagai pengendali roda revolusi sehingga kelangsungan NKRI dapat dipertahankan. Banyak peristiwa besar yang terjadi di YOGYAKARTA.
Ø PATUNG DADA Ir.SOEKARNO.
Ir.soekarno dikenal sebagai proklamator, negarawan dan president Republik Indonesia Pertama sejak 18 agustus 45 s/d 20 februari 1967. Beliau lahir di Surabaya pada  tanggal 6 juni 1901. Semasa perjuangan sempat beberapa kali di tangkap oleh Belanda, antarn  lain pada tahun 1930 dipenjarakan di SukaMiskin dan pembelaanya yang terkenal dengan judul “INDONESIA MENGGUGAT”.
Dijaman Jepang beliau mendirikan organisasi PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat) bersama Ki Hadjar Dewantara ,Kyai Haji Mas Mansyur & Drs.Moh Hatta, Hingga dikenal dengan sebutan 4 serangkai. Tanggal 17 agustus 1945 atas nama bangsa INDONESIA memproklamasikan kemerdekaan INDONESIA, tepat pukul 10.00 di pegangsaan timur 56. Dan akhirnya beliau meninggal di Jakarta pada tanggal 21 juni 1970 dan dimakamkan Di Blitar,jawa timur.


MUSEUM DIRGANTARA.
a.  SEJARAH MUSEUM DIRGANTARA
Museum Dirgantara terletak 7 km dari pusat kota yogyakarta. Sejarah berawal dari penggabungan dua museum sebelumnya yakni MUSEUM PUSAT AURI dan MUSEUM PENDIDIKAN. Kedua museum ini sudah di satukan menjadi satu pada tahun 1977.
Museum Dirgantara mandala yogyakarta ini adalah museum yang terlengakap di indonesia. Museum ini mempunyai area tanah seluas 5 hektar, gedung-gedung di bagi menjadi 6 agian yakni Ruang Utama,Ruang Kronologi 1 dan 2, Ruang Alutsista, Ruang Paskhas, Ruang Diorama, Ruang Minat Dirgantara.
Di dalam Ruang Utama, empat patung pahlawan nasional yang menjadi perintis TNI AU di pajang. Yang baru  dari tempat ini adalah lemri-lemari kaca yang berisi atribut dan bintang jasa dari 7 mantan KSAU.
Ruang Kronologi 1 dan 2 memuat sejarah dan dokumen-dokumen semasa zaman proklamasi kemerdekaan,serangan udara yang pertama terhadap semarang sampai ambarawa,operasi pembentukan skadron AURI tahun 1950, penumpasan DI/TII/PRRI/Permesta-Trikora-Dwikora, Operasi penumpasan sisa-sisa pemberontakan G30S/PKI dan lain-lain. Dalam ruangan ini, sedikit banyak kita bisa menyimak cuplikan-cupikan sejarah yang di sebutkan tadi.

b.  TUJUAN.
ü   Dalam rangka pewarisa nilai-nilai 45.
ü   Memotivasi generasi muda agar mencintai sejarah 45.
ü   Untuk di wariskan kepada anak cucu kita agar tetap mencintai tanah air indonesia.
ü   
C.  ISI DAN KELENGKAPAN MUSEUM DIRGANTARA
Didalam Ruang Alutsista ini, adalah tempat untuk menyimpan berbagai jenis pesawat yang di gunakan dalam peristiwa bersejarah, diantaranya :





JENIS-JENIS PESAWAT
ü     Glider Kampret
§                   Negara asal       : Indonesia
§                   Panjang badan     : 5,45 m
§                   Panjang sayap     : 13,56 m
§                   Tinggi                     : 1,31 m
§                   Berat kosong      : 170 kg
§                   Berat berisi              : 250 kg
§                   Cepat jelajah             : 60 km/jam
§                   Cepat mendarat   : 40 km/jam
§                   Tahun pembuataN : -
§                   Akomodasi         : -
§                   Kecepatan maksimum    : -
§                   Jarak jelajah            : -


ü   L-4J Piper Cub
§          Negara asal       : Amerika Serikat
§          Panjang badan     : 6,82 m
§          Panjang sayap     : 10.73 m
§          Tinggi                     : -
§          Berat kosong      : -
§          Berat berisi              : -
§          Cepat jelajah             : 140/jam
§          Cepat mendarAt  : -
§          Tahun  pembuatan :
§          Akomodasi         : 2 anak pesawat
§          Kecepatan maksimum    : 6.600 m


ü   BT-13 Valiant
§          Negara asal       : Amerika Serikat

§          Panjang badan     : 8,87 m
§          Panjang sayap     : 12,80 m
§          Tinggi                     : 3,5 m
§          Berat kosong      : 1531 kg
§          Berat berisi              : -
§          Tahun pembuatan : 1940
§          Akomodasi         : 2 anak pesawat
§          Kecepatan maksimum    : 293 km/jam
§          Jarak jelajah            : 1167 km


ü   Replika Pesawat Terbang RI-X (tergantung)
§          Negara asal       : Indonesia
§          Panjang badan     : 5,05 m
§          Panjang sayap     : 9 m
§          Tinggi                     : -
§          Berat kosong      : -
§          Berat berisi              : -
§          Cepat jelajah             : -
§          Cepat mendarat   : -
§          Tahun pembuatan : 1948
§          Akomodasi         : -
§          Kecepatan maksimum    : -
§          Jarak jelajah            : -

ü    P-51 Mustang
§               Negara asal       : Amerika Serikat
§               Panjang badan     : 9,81 m
§               Panjang sayap     : 11,28 m
§               Tinggi                     : -
§               Berat kosong      : -
§               Berat berisi              : -
§               Cepat jelajah      : 735 km/jam
§               Cepat mendarat   : -
§               Tahun pembuatan : -
§               Akomodasi         : 1 anak pesawat
§               Jarak jelajah            : -

ü    TS-8 BIES
§               Negara asal       : Polandia
§               Jenis               : pesawat latih
§               Motor              : WN-3
§               Tinggi terbang    : 6400 m
§               Kecepatan jelajah : 270 km/jam
§               Kecepatan max    : 310 km/jam
§               Panjang sayap     : 10,5 m
§               Panjang badan     : 8,5 m
§               Tinggi pesawat    : 3 m
§               Akomodasi         : 2 anak pesawat



penutup
ª          KESIMPULAN.
Dari keseluruhan isi karya tulis dan diadakannya kegiatan study tour ini, kami dapat menyimpulkan bahwa ;
ü  Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengajarkan kepada siswa akan pentingnya kerja sama.
ü  Penulisan karya tulis ini dapat menjadi ebuah pengalaman baru.
ü  Kita generai muda harus melestarikan kebudayaan indonesia &melestarikan benda-benda bersejarah yang ada di indonesia.
ª          SARAN –SARAN.
ü  Semestinya di semua tempat wisata yang ada di indonesia memiliki pemandu wisata tersendiri.












DAFTAR PUSTAKA
husen,hakim.2012sejarah. Kebumen : pustaka setia
motto dari fokus.2012. AL QUR’AN HADIST untuk kelas VIII. JAKARTA CV Matta









1 komentar:

  1. Betway Casino Online Review - Get a 100% up to C$1600
    Read our Betway Casino review to discover if you need to 온카지노 login and get a 100% 온카지노 up to C$1600 bonus for your registration and betway withdrawal.

    BalasHapus